Skip to main content

PROFIL DESA PASAR PEDATI


A.  PENDAHULUAN

Kabupaten Bengkulu Tengah adalah Kabupaten termuda dari 10 Kabupaten / Kota di Provinsi Bengkulu, yang merupakan Kabupatan pemekaran yaitu pemecahan dari Kabupaten Bengkulu Utara berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2008 tanggal 24 Juni 2008. Kabupaten Bengkulu Tengah secara administrasi termasuk dalam Provinsi Bengkulu yang terletak antara 1010 32-10208 BT dan 205-40 LS yang meliputi 10 Kecamatan, 142 Desa, dan 1 Kelurahan, dengan Jumlah Penduduk 102.518 jiwa dan luas wilayah berdasarkan Geografic Information System (GIS) 1.223,94 Km2, kondisi geografisnya sebagaian besar merupakan daerah perbukitan dengan ketinggian mencapai 541dpl.

Kabupaten Bengkulu Tengah memiliki batas wilayah :
a.       Sebelah Utara : Kabupaten Bengkulu Utara dan Kebupaten Rejang Lebong.
b.      Sebelah Timur : Kabupaten Kepahiang
c.       Sebelah Selatan : Kabupaten Seluma
d.      Sebelah Barat : Kota Bengkulu

Kabupaten Bengkulu Tengah terletak pada ketinggian 0-541 m dpl dengan persebaran sporidasi sehingga topografi wilayah bergelombang dan berbukit dengan derajat kelerengan antara 5-35%. Wilayah yang relatif datar dengan tingkat kelerengan rata-rata 5% terletak di wilayah Kecamatan Pondok Kelapa. Lokasi dengan titik ketinggian hingga 541 m dpl berada di kawasan hutan lindung di perbatasan dengan kabupaten kepahiang. Sedangkan daerah terendah terletak di wilayah Kecamatan Pondok Kelapa dengan ketinggian 0-15 m dpl.


1.      SEJARAH SINGKAT DESA PASAR PEDATI

Desa pasar pedati terletak di jalur lintas bengkulu menuju propinsi sumatera barat,dengan jarak tempuh ke pusat kecamatan hanya satu menit ditempuh dengan kendaraan bermotor di pusat kecamatan terletak puskesmas,pos polisi,koramil,perbankan,kantor pos, pusat pemerintahan tingkat kecamatan.dengan jarak tempuh ke Provinsi ±sekitar 20 menit/13 kilo meter dari Desa Pasar Pedati maka tak heran jika Desa ini merupkan Desa penyangga kota.

Desa pasar pedati semula merupakan wilayah kerajaan sungai lemau (balai buntar) yang meliputi Sungai Hitam hingga Pondok Kelapa.

Asal mula nama desa Pasar Pedati memiliki sejarah tersendiri,yakni berasal dari sebuah hikayat yang ceritanya  sebagai berikut:
v  Di simpang Talang Pauh ada orang cina yang memiliki/berkebun dan untuk mengangkut hasil kebunnya menggunakan alat angkut pedati (gerobak yang ditarik sapi). Gerobak ini dulunya juga digunakan untuk mengangkut emas dari Lebak Landai ke bengkulu,gerobak pedati ini dari jaman dahulu merupakan sarana trasportasi warga guna membawa hasil kebun,hasil hutan seperti kayu bakar,pancang pagar,atap daun rumbia,batu bata, dari desa menuju tempat penjualan yakni pasar yang jarak nya ± 15 kilo dari desa,bahkan sebalik nya pedati ini juga membawa segala macam kebutuhan pokok yang di butuhkan warga yang di beli di pasar (BENGKULU) selain dari pada itu di sekitar simpang talang pauh pada zaman dulu terkenal juga dengan nama “Talang Ubi” dan menjadi semacam terminalnya kendaraan gerobak yang ditarik oleh sapi/kerbau dari segala penjuru baik dari pondok kelapa,kerkap,lais,bahkan dari daerah ketahun.Dan tempat ini merupakan wilayah persinggahan para pedagang guna istirahat melepas lelah dan makan sebelum mereka melanjutkan perjalanan. kendaraan ini masih digunakan hingga tahun 1985.
v  Nama desa sebelum Pasar Pedati adalah Bermani Sungai Hitam yang letak pusat Pemerintahan nya ada di Pasar Pedati
v  Tahun 1970 Bermani Sungai Hitam berubah menjadi Pasar Pedati
Pada tahun 1960 berdiri Kecamatan Pondok Kelapa.

Pertama terbentuk ,wilayah Desa Pasar Pedati meliputi sungai hitam hingga Talang Pauh (sebinjai).

Seiring perjalanan Waktu,wilayah Desa ini mengalami perubahan,dengan kronologis sebagai berikut:
  1. Hilangnya wilayah padang Gadung (pekik nyaring) akibat masuknya tranmigrasi pada tahun 1960-an.
2.      Hilangnya wilayah sebinjai dan pasar Talang Pauh menjadi Desa Talang Pauh Pada tahun 1970-an.
  1. Pada masa pemerintahan mail,wilayah meliputi Sungai Hitam (bermani) yang wilayahnya meliputi sungai hitam dingga ujung pasar pedati dan sekitarnya.
  2. Pada pemerintahan Aqil meliputi wilayah Pondok kelapa (semitul) yang wilayahnya mulai dari pal 8 hingga padang betuah dan sekitarnya.
  3. Pada masa pemerintahan Pasirah Nasir wilayah pekik nyaring hilang dan di ambil oleh /masuk wilayah transmigrasi tahun 1960-an.
  4. Pada masa kepemimpinan kepala Desa Arif sebagian wilayah Pasar Pedati yang sebelah timur sebagian di ambil oleh Talang Pauh di masa kepala Desa nya Ibrahim dan selanjut nya secara sistematis  Sejarah Kelembagaan Pemerintah Desa Pasar Pedati dapat di lihat seperti tabel di bawah ini.


Comments